Program C: Lirik Lagu "Anak Ayam"

Assalamualaikum...

Di siang hari ini, saya akan berbagi hasil pemikiran saya untuk membuat sebuah program komputer menggunakan bahasa pemrograman C. Ini adalah kali pertama saya membagikannya di blog saya ini. Saya melakukan ini agar hasil pemikiran saya dapat menjadi ilmu yang berharga bagi yang memperolehnya di blog ini.

Kali ini, kita akan merancang sebuah program yang akan mencetak lirik lagu "Anak Ayam". Saya yakin Anda semua tahu atau pernah mendengar lagu ini. Ya, lagu ini adalah salah satu lagu yang sering kita dengar saat masa kecil dahulu. Selain mudah diingat, lagu ini juga mengajarkan kita tentang aritmatika sederhana.

Sumber: http://gambarterbaru.com/wp-content/uploads/2013/10/gambar-kartun-binatang-ayam-555x333.jpg

Anda tentu sudah tahu lirik lagu "Anak Ayam". Nah, seperti apa program C yang dapat mencetak lagu "Anak Ayam"? Berikut adalah kode sumber dari program tersebut.


#include<stdio.h>
#include<math.h>

int cetakLagu(int N){ //bagian ini adalah fungsi cetakLagu yang akan mencetak lagu "Anak Ayam"
int i;
int a;
for(i=N;i>0;i--){ //ini adalah perintah pengulangan (looping)
a=i;
a--;
if(i>1) printf("Anak ayam turun %d, mati 1 tinggal %d\n", i, a); //ini adalah kondisi syarat yang jika terpenuhi, program akan mencetak tulisan pada fungsi printf
else printf("Anak ayam turun 1, mati 1 tinggal induknya\n"); //ini adalah kondisi yang terpenuhi apabila syarat pada baris sebelumnya tidak terpenuhi
}
}

int main(){
int N;
printf("Masukkan banyak anak ayam: ");
scanf("%d", &N);
cetakLagu(N); //program akan memanggil fungsi cetakLagu dan selanjutnya program berjalan sesuai fungsi cetakLagu
return 0;
}

Untuk dapat memahami kode di atas, Anda diasumsikan sudah mengerti pengulangan (looping) dan pernyataan kondisional (conditional statement) pada bahasa C. Namun, apabila Anda belum mengerti, Anda dapat mempelajari bahasa C di cprogramming.com atau di learn-c.org. Insya Allah, setelah membaca, memahami, dan melakukan praktik berkali-kali, Anda akan mahir membuat program komputer dengan bahasa C. Untuk saya sendiri, insya Allah di blog ini saya akan membahas lebih banyak program C yang telah saya buat untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Ke depannya, saya juga akan membahas materi-materi pemrograman C dan tidak hanya memberikan kode sumber. Jadi, tunggu tulisan-tulisan selanjutnya dari saya terutama tulisan tentang program C.


Wassalamualaikum...

Bekasi, 11 September 2016

Komentar

Posting Komentar