Top 10 Songs from My EDM Playlist

Assalamualaikum.

Pagi semua. Saat ini, banyak anak muda dan remaja yang menyukai lagu-lagu ber-genre electronic dance music (EDM). Banyak pula stasiun radio yang memutar lagu-lagu EDM. Sebenarnya, apa sih EDM itu?

EDM sebenarnya adalah sebuah genre musik yang mengelompokkan banyak sub-genre musik yang dapat digunakan untuk berdansa (membuat tubuh seolah ingin berdansa atau setidaknya bergerak) dan dibuat secara elektronik. Beberapa sub-genre EDM adalah techno, dubstep, house, dan trance. EDM identik dengan penggunaan program komputer untuk menghasilkan beat yang dapat mengisi bagian chorus pada lagu (meniadakan vokal manusia) atau di seluruh bagian lagu. Tentu saja, program komputer tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan musik EDM dengan vokal manusia yang tidak dapat dijangkau secara natural. Walaupun begitu, EDM bukanlah musik yang identik dengan kata "edit" atau "remix" semata. Kemampuan menggabungkan vokal manusia dengan luasnya pilihan terhadap beat yang diinginkan mutlak diperlukan bagi para peracik EDM dan tidak hanya kemampuan menekan tombol-tombol pada peralatan DJ yang sering dipakai para musisi EDM.

Sumber : Dokumen pribadi

Kali ini, saya akan menuliskan sepuluh lagu ber-genre EDM yang menurut saya terbaik dari playlist lagu-lagu EDM di smartphone saya. Setelah kurang lebih tiga hari menentukan sepuluh lagu tersebut, saya berhasil memilih 10 lagu EDM terbaik dari 38 lagu EDM di playlist tersebut. Berikut sepuluh lagu tersebut.


10. Major Lazer x DJ Snake featuring MØ - Lean On



Dirilis                              : 2 Maret 2015
Direkam                         : 2014
Posisi tertinggi di chart : 4 (US Billboard Hot 100), 18 (US Dance Club Songs), 1 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ber-subgenre house ballad ini sangat cocok untuk mewakili variasi dari EDM yang menurut sebagian orang terdengar hampir sama satu dengan yang lain. Hal ini tergambar dari semangat Major Lazer yang ingin membuat karya EDM yang tidak terpaku dengan karya-karya EDM lainnya yang sudah dirilis para musisi EDM lainnya. Adanya beat pada bagian break beat lagu ini yang tidak menghentak-hentak seperti lagu EDM lainnya memberikan nilai positif bagi lagu ini. Untuk video klip lagu ini, jumlah pengunjung laman video klip lagu ini di YouTube yang sudah mencapai hampir 1,5 miliar membuktikan kualitas Major Lazer dan DJ Snake dalam membuat lagu ini (walaupun video klip tersebut tidak memperlihatkan sisi bersandarnya manusia dengan manusia yang lainnya seperti judul lagunya).

9. Krewella - Alive



Dirilis                              : 5 Februari 2013
Direkam                         : 2012
Posisi tertinggi di chart : 32 (US Billboard Hot 100), 5 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini merupakan contoh dari subgenre progressive house yang sangat menarik. Lagu ini diawali dengan sentuhan keyboard yang seolah membawa pendengarnya "berjalan" dari "kelembutan" menuju "ketidakteraturan". Pengulangan break beat yang sama pada lagu ini membuat pendengar tidak cepat usai mendengarkan lagu ini sekaligus mengisi kekosongan vokal manusia. Kerjasama dua kakak-beradik Jahan Yousaf dan Yasmine Yousaf dalam mengisi vokal sangat apik di lagu ini. Kepergian Kris Trindl pada 2014 sebagai peracik EDM di lagu-lagu Krewella tentu akan memengaruhi musikalitas grup ini, terutama dalam menghasilkan lagu seperti Alive ini.

8. John Martin - Anywhere for You


Dirilis                              : 12 Februari 2014
Direkam                         : 2013
Posisi tertinggi di chart : 4 (UK Dance), 7 (UK Singles)

Single debut John Martin ini berhasil menyelaraskan beat yang memacu adrenalin dengan semangat yang disampaikan pada lagu ini, yaitu semangat seseorang yang akan selalu berada di sisi pasangannya atau orang terdekatnya di manapun ia berada. Saya pertama kali mendengar lagu ini di acara Ninja Warrior Indonesia dan saya dapat merasakan adrenalin saya terpacu karena mendengar lagu ini seperti saya melihat para peserta acara tersebut. Bagian intro pada beat break yang ketiga sangat pas didengar oleh telinga (pada video klip adalah pada saat John Martin berada di tepi pantai). Vokal John Martin pada lagu ini sangatlah bertenaga sehingga dapat semakin menambah semangat adrenalin pendengar.

7. Avicii - Wake Me Up


Dirilis                              : 17 Juni 2013
Posisi tertinggi di chart : 4 (US Billboard Hot 100), 1 (US Dance Club Songs), 1 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini adalah salah satu karya terbaik Avicii sampai saat ini. Ia berhasil menggabungkan permainan gitar yang berkelas dari Mike Einziger (Incubus) dan vokal yang berat namun tetap enak didengar dari Aloe Blacc. Beat break pada lagu ini juga dapat mencuri perhatian pendengar (terutama beat break intro yang disertai vokal pada bagian "didn't know I was lost"). Lagu ini dapat mewakili semangat seseorang yang bersiap menjalani hari di pagi hari dan pada saat melakukan aktivitas di siang hari. Lagu ini sangat cocok untuk dijadikan anthem pada musim panas.

6. Zedd featuring Hayley Williams - Stay the Night



Dirilis                              : 10 September 2013
Direkam                         : 2012
Posisi tertinggi di chart: 18 (US Billboard Hot 100), 1 (US Dance Club Songs), 2 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini menjadi awal dari dominasi Zedd pada pemeringkatan yang saya buat ini. Latar belakang Zedd sebagai seorang musisi yang berasal dari keluarga musisi sangat membantunya dalam menciptakan lagu-lagu EDM yang berkelas. Ia dapat menggabungkan unsur klasik (dari permainan piano) dengan vokal dari Hayley Williams (vokalis Paramore) yang suaranya bertenaga dan beat break yang mudah untuk diingat. Latar belakang musik Zedd yang sebenarnya adalah musik klasik dicoba untuk ditonjolkan pada lagu ini untuk menghasilkan lagu EDM yang berbeda dengan lagu-lagu EDM lainnya.


5. David Guetta featuring Sia - Titanium


Dirilis                              : 9 Desember 2011
Direkam                         : 2011
Posisi tertinggi di chart : 7 (US Billboard Hot 100), 3 (US Dance Club Songs)

Lagu ini merupakan salah satu lagu EDM yang dapat membangkitkan semangat pendengarnya. Vokal Sia yang khas dan bertenaga sangat cocok dengan beat yang dibangun oleh David Guetta untuk membuat lagu ini dapat diingat dengan mudah. Lagu ini berhasil menyampaikan pesan positif tentang kekuatan dalam jiwa yang disampaikan dengan vokal dan beat yang menawan. Lirik lagu ini, seperti "You shoot me down, but I won't fall" juga berhasil menyampaikan pesan positif tersebut. Kolaborasi apik David Guetta dengan Sia membuat lagu ini dapat meruntuhkan pendapat bahwa EDM adalah musik yang tidak mudah diingat dan dikenang.


4. Zedd featuring Foxes - Clarity


Dirilis                              : 14 Desember 2012
Direkam                         : 2012
Posisi tertinggi di chart : 8 (US Billboard Hot 100), 1 (US Dance Club Songs), 2 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Permainan piano Zedd di awal lagu ini semakin membuktikan sisi klasik Zedd yang dicoba untuk ia gabungkan dengan musik elektronik. Vokal Foxes yang sebetulnya tidak terlalu bertenaga, namun dapat menjangkau beberapa nada tinggi sangat cocok pada lagu ini. Beat break pada lagu ini yang progresif dan disertai dengan suara-suara artifisial dari program komputer dapat menggerakkan tubuh pendengar. Beat break intro yang dibangun Zedd pada bagian kedua dapat membuat pendengar seolah-olah sedang berada di tengah kerumunan orang-orang yang sedang berpesta sekaligus berdansa.

3. Calvin Harris featuring Ellie Goulding - Outside



Dirilis                              : 20 Oktober 2014
Direkam                         : 2014
Posisi tertinggi di chart : 29 (US Billboard Hot 100), 5 (US Dance Club Songs), 2 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini merupakan kolaborasi Calvin Harris dengan Ellie Goulding yang terbaik (kolaborasi sebelumnya adalah lagu Ï Need Your Love) karena dalam lagu ini, Harris berhasil menggabungkan vokal Goulding yang khas dengan beat yang progresif. Beat yang dibangun oleh Harris di sekitar vokal Goulding juga tidak melampaui jangkauan vokal Goulding. Vokal Goulding yang tinggi (ia dapat mencapai suara sopran) dieksekusi dengan baik oleh Harris pada beat break intro pada beat break yang ketiga di lagu ini. Lagu ini merupakan lagu kolaborasi terbaik Calvin Harris dengan penyanyi lain sejauh ini,

2. Zedd featuring Jon Bellion - Beautiful Now



Dirilis                              : 13 Mei 2015
Direkam                         : 2014
Posisi tertinggi di chart : 64 (US Billboard Hot 100), 1 (US Dance Club Songs), 5 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini merupakan salah satu lagu Zedd yang dapat diingat dengan mudah berkat adanya beat yang progresif padabeat break lagu ini (yang ditulis Zedd sebagai "BAH BAH BAH BABABAH BAH BAH BABABAH BAH BAH BAH BABABAH BABABABA"). Zedd berhasil membangun beat yang sesuai dengan karakter vokal Jon Bellion yang tidak terlalu bertenaga namun tinggi. Zedd juga berhasil menyesuaikan vokal Bellion dan melakukan perbaikan sedemikian sehingga dapat sesuai dengan beat break intro pada beat break yang ketiga. Secara keseluruhan, kolaborasi mereka menghasilkan suatu karya EDM yang jenius dan dapat membangkitkan semangat.

1. Zedd featuring Selena Gomez - I Want You to Know



Dirilis                              : 23 Februari 2015
Direkam                         : 2014
Posisi tertinggi di chart : 17 (US Billboard Hot 100), 14 (US Dance Club Songs), 1 (US Hot Dance/Electronic Songs)

Lagu ini mendefinisikan musik EDM sebagai musik yang dapat membuat orang berdansa tanpa harus berkerumun dengan banyak orang dan terkena dampak-dampak negatif akibat berkerumunnya orang-orang tersebut. Lagu ini tidak mengeliminasi sisi EDM yang identik dengan dansa dan disko, namun tetap mengakomodasi vokal yang khas dari Selena Gomez. Di saat kebanyakan musisi EDM menghasilkan lagu EDM yang cenderung berpusat pada beat, Zedd dapat menyeimbangkan beat dengan vokal untuk menghasilkan lagu yang mudah didengarkan. Kolaborasi Zedd dengan Selena Gomez pada lagu ini berhasil mendiversifikasikan baik karya-karya Zedd sebelumnya khususnya maupun lagu-lagu EDM pada umumnya.


Ya, itulah 10 lagu EDM terbaik pada playlist lagu-lagu EDM di smartphone saya. Tentu saja, Anda boleh tidak sepakat dengan saya. Silakan berikan komentar terkait pemeringkatan ini apabila ada.

Wassalamualaikum.

Bekasi, 3 Juli 2016

Komentar