Kurzgesagt: Inovator dalam Pembahasan Sains

Assalamualaikum...

Siang semua. Di tulisan ini, saya akan membahas Kurzgesagt. Apa sih Kurzgesagt itu?

Bagi kalian yang sering berselancar di YouTube dan suka dengan kanal-kanal yang membahas sains, mungkin kalian sudah mengetahui Kurzgesagt. Kurzgesagt yang berarti "secara singkat" dalam bahasa Jerman adalah sebuah kanal Youtube yang berbasis di Munich yang membuat video-video animasi sains, pendidikan, dan politik. Ada beberapa video yang diunggah membahas tema-tema "berat", seperti pertanyaan apakah kita sendirian di alam semesta (hanya peradaban manusialah satu-satunya peradaban di alam semesta), pertanyaan seberapa jauh manusia bisa pergi ke luar angkasa, pertanyaan apakah manusia itu, dan sebagainya (kebetulan, saya suka dengan tema-tema seperti itu). Walaupun membahas tema-tema "berat", penggunaan animasi dengan karakter-karakter yang familiar seperti burung, bebek, dan Pokémon (ya, Pokémon!) membuat pembahasan tema tidak membosankan, tidak membuat bingung, dan yang pasti, membantu memahami hal yang ingin disampaikan dalam video.

Oh iya, kanal Kurzgesagt ini sudah memiliki 2.756.204 pelanggan sampai 7 Agustus 2016. Pada header laman kanalnya, ada gambar karikatur Bumi dan burung yang menjadi antariksawan di kanannya serta tulisan di bawahnya, yaitu "One video a month. Quality > Quantity". Ya, tulisan itu memang benar adanya. Kurzgesagt memang hanya mengunggah video ke Youtube sebulan sekali, jadi jangan harap kalian dapat melihat video baru mereka setiap hari. Ya, mereka memang ingin menjaga kualitas dari video garapan mereka, terutama dalam pembahasan, ketersampaian informasi, dan animasi.

Kurzgesagt menjadi inovator dalam membahas sains yang bagi sebagian orang mungkin merupakan hal yang rumit. Kurzgesagt mengubah stigma sains tersebut menjadi sesuatu yang menarik dan mengasyikkan untuk dibahas. Apabila kita melihat video-video Kurzgesagt, kita akan diajak untuk mengenali permasalahan yang akan dibahas terlebih dahulu dengan singkat dan padat. Lalu, kita akan diajak untuk mengupas hal-hal yang mengantarkan kita pada inti masalah yang dibahas. Setelah inti tersebut dibahas, kita akan dihadapkan pada jawaban yang pada akhirnya akan dapat menyadarkan kita (bukan hanya sekadar menjawab). Ya, jawaban yang diberikan terkadang membuat kita harus meninggalkan sains dan memasuki filsafat (kata-kata "leaving science, entering philosophy" cukup sering terdapat pada video-video Kurzgesagt). Nah, di situlah, kita akan "disadarkan" bahwa masih ada banyak hal yang belum kita ketahui di alam semesta ini. Kurzgesagt membantu kita untuk mengetahui hal-hal tersebut sekaligus menjadi inovator dalam usaha membantu kita tersebut.

Nah, berikut ini beberapa video unggahan Kurzgesagt yang menarik menurut saya:

Apakah kalian ingin menonton video-video tersebut, tetapi tidak mengerti bahasa Inggris? Tenang, YouTube memiliki fitur subtitel/teks yang dapat diatur dalam bahasa Indonesia. Cukup klik tanda gir (Setelan) pada video, lalu pada bagian Subtitel/Teks, klik tanda > di sebelah kanan. Daftar subtitel yang tersedia akan muncul dan pilih Indonesia.
Sumber: Dokumen pribadi

Sumber: Dokumen pribadi

Saya menyarankan kalian untuk membuka kanal-kanal sains dan pendidikan di YouTube, salah satunya Kurzgesagt. Selain menambah ilmu, kalian juga dapat memuaskan rasa ingin tahu kalian, terutama bagi yang suka tema-tema "berat" seperti saya (hehe). Kalian juga dapat terhibur dengan animasi yang khas dan tidak menjemukan. Ya, Kurzgesagt merupakan media baru dalam memahami sains menjadi lebih menarik, lebih berwarna, dan tentunya, lebih mutakhir.

Wassalamualaikum...

Bekasi, 7 Agustus 2016
 

Komentar