Program C: Menghitung Jumlah Kumulatif

Assalamualaikum...

Selamat siang semua. Sudah lama saya tidak menyapa para pembaca melalui entri di blog ini. Kali ini, saya akan membahas satu soal yang akan diselesaikan melalui pemrograman dengan bahasa C.

Sumber: http://www.avioconsulting.com/sites/default/files/page-images/u361/PlusSignIcon.jpg

Soal kali ini adalah Menghitung Jumlah Kumulatif. Anda harus meng-input suatu bilangan yang menunjukkan banyaknya bilangan yang di-input selanjutnya dengan suatu variabel misalnya n. Selanjutnya, Anda harus meng-input bilangan sebanyak n. Lalu, Anda harus meng-input suatu bilangan yang menunjukkan banyaknya bilangan yang akan dihitung jumlahnya dari n bilangan sebelumnya. Jadi, bilangan yang di-input terakhir tersebut (misalnya bervariabel k) harus lebih kecil atau sama dengan n. Berikut adalah contoh masukan dan keluaran dari program yang akan kita rancang.

Contoh Masukan

5
9
8
7
6
5
4

Contoh Keluaran

30

Keterangan

Jumlah pada contoh di atas adalah 30 yang merupakan hasil penjumlahan 4 bilangan dari 5 bilangan yang di-input sebelumnya, yaitu 9 + 8 + 7 + 6 = 30.


Oke, setelah Anda sudah memahami persoalan yang dimaksud, kita akan mulai merancang program untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Program C ini masih sederhana dan Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memahaminya. Berikut ini adalah program C untuk soal di atas.


#include <stdio.h>
#define UKURAN 100

int main(){
int n,k,i,a[UKURAN],jumlah=0;
scanf("%d", &n);
for(i=0;i<n;i++){
scanf("%d", &a[i]);
}
scanf("%d", &k);
for(i=0;i<k;i++){
jumlah+=a[i];
}
printf("%d\n", jumlah);
return 0;
}


Untuk memahami persoalan di atas, Anda dianjurkan sudah memahami materi array (larik) dan iterasi (perulangan) pada program C. Jika Anda belum memahaminya, Anda dapat mencobanya di learn-c.org. Situs ini menyediakan jendela untuk menuliskan kode dan Anda dapat melihat hasilnya di jendela keluaran yang ada di kanan jendela kode. Apabila Anda tidak memiliki program untuk menulis kode di komputer atau Anda sedang berada di suatu tempat dan hanya membawa perangkat mobile Anda, situs ini dapat membantu Anda untuk mempelajari pemrograman di mana saja dan kapan saja. Selamat belajar pemrograman!


Wassalamualaikum...

Dramaga, 8 Oktober 2016

Komentar