Top 10 Songs from My EDM Playlist (2nd Edition)

Assalamualaikum...

Selamat pagi para pembaca. Setelah tiga bulan lalu saya menulis posting-an 10 lagu EDM terbaik di playlist saya, kali ini 10 lagu EDM baru di playlist saya telah saya urutkan dari peringkat kesepuluh hingga pertama. Seperti biasa, lagu-lagu ini disusun setelah menilai dan mempertimbangkan segala aspek dari sebuah lagu. Karena itu, saya butuh waktu yang cukup lama untuk memeringkatkan sepuluh lagu ini. Pada akhirnya, selesailah usaha pemeringkatan tersebut. Tentu saja, anda boleh tidak setuju dengan chart ini. Silakan beri komentar apabila ada yang Anda ingin sampaikan.

Sumber: http://www.fundjstuff.com/images/wallpapers/edm-118.jpg

Oke, tak perlu berlama-lama lagi. Kita langsung saja mulai chart kita. Chart diawali dengan lagu ...


10. Calvin Harris - My Way


Dirilis : 16 September 2016   |  Direkam : 2016
Posisi tertinggi di chart : 6 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 24 (US Billboard Hot 100), 4 (UK Singles dan UK Dance)

Lagu ini menampilkan vokal dari Calvin Harris sendiri. Harris bernyanyi "dengan aman" (maksudnya tidak menyentuh nada-nada yang tinggi), sama seperti pada lagu "Summer" dan "Feel So Close". Walaupun begitu, lagu ini tetap enak didengar karena drop dari Harris yang mewakili genre yang tampaknya baru kali ini dipilih olehnya, yaitu tropical house. Terlepas dari lantunan lagu ini, banyak orang yang meyakini bahwa lagu ini bercerita tentang hubungan percintaannya yang kandas dengan Taylor Swift. Namun, Harris menyatakan bahwa lagu ini tidak bercerita mengenai hal tersebut dalam sebuah wawancara di sebuah radio.


9. The Chainsmokers ft. Daya - Don't Let Me Down


Dirilis : 5 Februari 2016   | Direkam : 2015
Posisi tertinggi di chart : 1 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 3 (US Billboard Hot 100), 2 (UK Singles), 1 (UK Dance)

Lagu ini menjadi salah satu top hit dari The Chainsmokers sampai saat ini. Daya yang dipilih oleh Andrew Taggart sebagai pengisi vokal di lagu ini berhasil melakukan tugasnya dengan baik, terutama di bagian awal lagu. Drop yang dibuat oleh trio The Chainsmokers juga terasa pas dan mudah diingat (salah satu "syarat" diterimanya sebuah lagu bagi saya adalah lagu tersebut mudah diingat). Salah satu drop melibatkan saksofon yang membuat lagu ini terdengar memiliki melodi yang beragam. Keberagaman melodi tersebut menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu EDM terbaik di tahun 2016.


8. Dipha Barus ft. Kallula - No One Can Stop Us


Di peringkat kedelapan, ada lagu yang diracik oleh musisi elektronik asal Indonesia, yaitu Dipha Barus. Single ini adalah single pertama Dipha Barus yang dirilis secara internasional. Biasanya, orang mengira bahwa karya debut seseorang tidaklah menarik dan dapat diabaikan. Namun, lagu ini mematahkan anggapan tersebut dan membawa Dipha Barus ke kancah musik elektronik dunia. Di samping itu, vokal Kallula dalam lagu ini juga tidaklah terlalu buruk, walaupun pada bagian bridge lagu ini vokalnya mungkin dapat lebih ditingkatkan. Finally, Dipha memberikan dorongan bagi para musisi elektronik asal Indonesia lainnya untuk berani berkarya dan memberikan karya yang terbaik.


7. David Guetta ft. Zara Larsson - This One's For You


Dirilis : 13 Mei 2016
Posisi tertinggi di chart : 11 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 16 (UK Singles), 7 (UK Dance)

Lagu yang menjadi lagu resmi Euro 2016 ini tampaknya adalah "perkawinan" pertama antara turnamen sepakbola dengan karya musik EDM. David Guetta melibatkan beberapa suara yang mewakili alat musik tertentu, seperti xilofon pada drop lagu ini. Zara Larsson yang mengisi vokal di lagu ini melibas nada-nada tinggi, terutama pada bagian akhir lagu ini. Bagian tersebut juga menjadi bagian yang paling enak didengar akibat drop yang menaik dan vokal Larsson yang juga semakin meninggi. Lagu ini juga melibatkan suara dari penggemar sepakbola di berbagai belahan dunia (Anda pasti dapat mendengarnya).


6. Major Lazer ft. Justin Bieber & MØ - Cold Water


Dirilis : 21 Juli 2016   | Direkam : 2016
Posisi tertinggi di chart : 1 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 2 (US Billboard Hot 100), 1 (UK Singles), 1 (UK Dance)

Lagu ini adalah kolaborasi berikutnya dari Justin Bieber dengan musisi elektronik setelah kolaborasinya dengan Skrillex dan Diplo dalam lagu "Where Are You Now". Major Lazer sudah tepat dalam memilih Bieber sebagai salah satu pengisi vokal dalam lagu ini. Justru, keterlibatan MØ dalam lagu ini yang menurut saya perlu diperhatikan. Vokalnya dalam lagu ini yang hanya dalam sepotong bait membuat lagu ini didominasi oleh vokal dari Bieber. Untuk vokalnya sendiri, menurut saya sudah cukup baik. Kolaborasi Major Lazer berikutnya dengan penyanyi-penyanyi berprofil tinggi seperti Bieber menarik untuk ditunggu.


5. DJ Snake ft. Justin Bieber - Let Me Love You


Dirilis : 5 Agustus 2016   | Direkam : 2016
Posisi tertinggi di chart : 2 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 4 (US Billboard Hot 100), 2 (UK Singles), 2 (UK Dance)

Lagu ini menjadi salah satu single andalan DJ Snake dari albumnya, Encore. Sama seperti lagu "Cold Water", lagu ini juga menjadi bukti sahih pasnya kolaborasi Justin Bieber dengan musisi elektronik. Vokal Bieber pada bagian bridge juga terasa sangat pas, terutama saat transisi ke drop. DJ Snake berhasil menggabungkan vokal Bieber dengan drop yang membuat pendengarnya serasa ingin bergoyang. Secara keseluruhan, lagu ini adalah salah satu lagu terbaik di album Encore yang membuat album ini banyak diunduh oleh para pengguna salah satu aplikasi music streaming.


4. Galantis - No Money


Dirilis : 31 Maret 2016
Posisi tertinggi di chart : 7 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 88 (US Billboard Hot 100), 2 (UK Singles), 4 (UK Dance)

Dari judulnya, lagu ini dapat mewakili orang-orang yang sedang menunggu gaji di "tanggal tua" (hehe). Ya, lagu ini menjadi salah satu karya berikutnya dari Galantis yang terkenal dengan modifikasi vokal yang "ekstrem". Ekstremitas itu dapat dirasakan dari awal hingga akhir lagu dengan tune yang pas. Keberanian duo Galantis dalam meracik musik dengan drop dan inter-drop yang berbeda dari musisi EDM kebanyakan patut diapreasi. Mereka kembali melakukannya dalam membuat lagu ini dan menjadikan lagu ini terdengar berbeda dari lagu EDM lain dan dapat menjadi alternatif lagu EDM untuk Anda dengar.


3. Marshmello - Alone

Posisi tertinggi di chart : 10 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs)

Sesuai judulnya, lagu ini mewakili perasaan sendiri dari seseorang melalui drop yang diracik dengan apik oleh Marshmello. Identitas Marshmello yang sampai saat ini masih tidak diketahui membuat kesan sendiri dari lagu ini semakin terasa. Lirik lagu ini yang hanya terdiri dari satu bait tidak membuat lagu ini "kering", melainkan terasa hidup dengan drop yang setidaknya terdiri dari tiga drop. Di samping itu, video klip lagu ini juga memberikan satu nilai tambah yang sesuai dengan maksud lagu ini. Marshmello yang sendiri dan dijauhi teman-temannya menjadi inti cerita. Akhirnya, ia menunjukkan kemampuannya dalam meracik musik EDM dan membuat suasana di sekitarnya menjadi gegap gempita. 


2. Alan Walker - Sing Me To Sleep


Dirilis : 3 Juni 2016   | Direkam : 2016
Posisi tertinggi di chart : 18 (US Billboard Hot Dance/Electronic Songs), 95 (UK Singles)

Di posisi kedua, kita punya lagu "Sing Me To Sleep" dari musisi EDM muda berdarah Inggris-Norwegia, yaitu Alan Walker. Lagu ini dapat dibilang sebagai lagu "nina bobo" bernuansa EDM. Vokal Iselin Solheim di lagu ini dipadukan dengan pas oleh Walker untuk menciptakan satu lagu yang tidak terlalu menghentak, sehingga dapat dinikmati sebelum tidur. Drop yang dibangun oleh Walker juga cenderung konsisten (tidak ada begitu banyak drop). Konsistensi drop itulah yang membuat lagu ini dapat mudah diterima oleh telinga. Di bagian akhir lagu ini, Walker memilih untuk mengedit vokal Solheim di beberapa bagian yang awalnya terasa aneh, namun akhirnya dapat enak didengar setelah didengar beberapa kali. Satu kekurangan lagu ini adalah cepat selesainya lagu ini setelah repetisi drop kedua. Namun, secara keseluruhan lagu ini menjadi salah satu lagu EDM dengan kesesuaian yang pas antara melodi, maksud, dan feeling yang dirasakan saat mendengar lagu.


1. Alan Walker - Faded


Dirilis : 25 November 2015   | Direkam : 2015
Posisi tertinggi di chart 80 (US Billboard Hot 100), 7 (UK Singles), 3 (UK Dance)

Di posisi pertama, kita kembali punya karya dari Alan Walker yang sekaligus merupakan karya debutnya, yaitu "Faded". Berbeda dengan "Sing Me To Sleep", lagu ini diawali dengan dentingan piano yang menenangkan. Kesamaannya dengan "Sing Me To Sleep", lagu ini terasa pas mewakili perasaan seseorang yang "menghilang" dan "tenggelam" oleh kehidupan di sekitarnya atau semacamnya. Secara keseluruhan, electronic ballad adalah genre yang diusung oleh Walker pada lagu ini dan ia membuat lagu ini tidak terlalu menghentak dan cenderung lambat, tetapi tetap membuat pendengarnya "bergairah". Resepsi yang cukup baik dari audiens musik internasional membuat lagu ini berhasil membawa Walker ke kancah musik internasional. Finally, lagu ini merupakan salah satu lagu EDM terbaik dan paling cocok didengar oleh semua kalangan.


Nah, itu dia 10 lagu EDM terbaik dari playlist saya (edisi kedua). Di posting-an 10 lagu EDM terbaik edisi ketiga nanti, insya Allah semua lagu yang ada di chart nanti adalah lagu-lagu terkini dan terbaik menurut saya. Tunggu posting-an edisi ketiga dari chart EDM ini hanya di blog ALIF AHMAD ZULFIKAR.

Wassalamualaikum...

Bekasi, 25 Oktober 2016

Komentar